Yuk… Intip Update Teknologi Canggih Mesin NMAX Turbo

AKaeS - PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) mempersembahkan kejutan bagi para pecinta skutik premium di tanah air dengan meluncurkan produk paling canggih di jajaran skutik MAXi Yamaha, yakni "NMAX TURBO".

Dikembangkan dengan konsep Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty, NMAX TURBO merupakan skutik yang menawarkan perpaduan antara nilai-nilai premium dengan teknologi canggih yang mendukung passion berkendara.

Kehadiran NMAX TURBO dibarengi pembaruan di berbagai sektor. Mulai dari tampilan desain, fitur hingga performa mesin yang sarat akan teknologi canggih.

Dari tampilan desain, NMAX TURBO terlihat lebih mewah, premium, tegas dan sporty. Ini tidak lepas dari hadirnya sistem pencahayaan lampu depan Full LED yang dilengkapi dual projector untuk meningkatkan visibilitas saat berkendara.

Sistem pencahayaan di bagian belakang pun sama, telah menggunakan teknologi Full LED dengan tampilan desain yang lebih modern dan menarik.

Pada bagian kokpit NMAX TURBO, area layar Multi Infotainment Display pun dibuat dengan sangat detail untuk merefleksikan kesan mewah, informatif serta memudahkan akses tangan pengendara dalam mengoperasikan setiap fitur yang terdapat di stang kemudi.

Posisi berkendara nyaman dan ergonomis baik untuk sendiri maupun berbonceng juga tetap dipertahankan dengan balutan desain jok baru yang lebih elegan dan premium.

Fitur First Class


Beralih ke bagian fitur, NMAX TURBO disematkan berbagai fitur canggih dan terbaik untuk mendukung kebutuhan berkendara. Seperti penggunaan layar Infotainment Display yang informatif dan menghibur.

Melalui fitur display, pengendara dapat mengontrol pemutaran musik dari smartphone, mendapatkan informasi perkiraan cuaca, fungsi riding mode serta indikator Y-shift dan lain sebagainya. 

Untuk memudahkan pengendara melakukan touring dan mengeksplorasi tempat-tempat baru, motor ini juga disematkan Navigation System dari Garmin Street Cross yang dapat menampilkan peta digital dengan petunjuk arah pada layar Infotainment Display.

Tak berhenti disitu, NMAX TURBO juga dilengkapi dengan fitur konektivitas, yaitu Y-Connect. Fungsinya untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi terkait kondisi sepeda motor dan data berkendara melalui smartphone. 

Selain itu ada juga Electric Power Outlet Type C yang tersedia pada kompartemen bagian kiri motor agar baterai smartphone pengendara dapat terus terisi selama perjalanan. Berikutnya tersedia fitur Smart Key System, Stop & Start System hingga kapasitas bagasi yang besar untuk mengakomodir barang bawaan pengendara.

Performa Kian Garang


Keunggulan utama yang menjadi daya tarik dari NMAX TURBO adalah penggunaan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang telah teruji handal, kuat, dan memiliki torsi merata di setiap putaran mesin sehingga mampu mendukung berbagai macam kebutuhan bermobilitas.

Sentuhan pembaruan di sektor jantung pacu, mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.

Performa mesin baru pada NMAX TURBO juga turut dioptimalkan dengan adanya teknologi canggih terbaru, yaitu YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission) yang menggantikan sistem CVT konvensional. 

Dengan penggunaan teknologi ini, kini NMAX TURBO memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri. 

T-Mode sendiri cocok digunakan untuk mobilitas harian di dalam kota, karena karakter berkendara yang lebih smooth serta efisien bahan bakar. Sedangkan S-Mode, cocok digunakan saat perjalanan jarak jauh seperti touring karena menawarkan akselerasi berkendara yang lebih responsif.

Selain adanya Riding Mode, dengan menggunakan YECVT, NMAX TURBO juga memiliki fitur Y-Shift yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri. Y-Shift sendiri mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya TURBO.

Akselerasi kecapan terdiri dari  tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem.

Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

Selain fitur-fitur terkait mesin, untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik, NMAX TURBO disematkan dengan fitur Dual Channel ABS, Traction Control System, Rear Sub Tank Suspension dan juga Ban Tubeless bertapak lebar.

Pembaharuan NMAX TURBO


Berikut adalah berbagai sentuhan pembaruan yang ada pada NMAX TURBO” terutama di bagian sektor jantung pacu.

1. Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT). Perbedaan yang paling menonjol pada mesin NMAX TURBO adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional.

Cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi dua tahun dan memiliki berbagai fungsi.

Transmission Control Unit (TCU), mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU). 

ECVT Motor, menggerakan Pulley Primary. Sensor Motor Position (Primary), mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU). Speed Sensor (Secondary), mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU.

Sementara untuk komponen penggerak YECVT sendiri, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi tiga tahun. 

Diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang 48.7mm serta lebih keras 163 N pada area CVT NMAX “TURBO” sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.

2. Body Cylinder. Selain adanya YECVT, mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru pada NMAX TURBO, kini juga memiliki dinding Cylinder yang dibuat sehalus mungkin (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalisir gesekan dan mengurangi “oil loss”. Efeknya, suara mesin menjadi lebih halus dan minim vibrasi.

3. Crankshaft & Rotor Assy. Perubahan lain pada mesin NMAX TURBO juga terdapat pada dimensi Crankshaft secara total yang kini menjadi lebih panjang, yaitu 301,4mm berbanding 283,8mm dengan NMAX generasi sebelumnya. Perubahan ukuran ini terjadi untuk mengakomodir komponen baru yaitu YECVT Gear yang terpasang di area CVT motor. 

Selain Crankshaft, Rotor Assy motor juga kini menjadi lebih compact baik dari segi dimensi total yang kini berukuran 43,75mm (NMAX sebelumnya 44,2mm) maupun juga bobot yang kini menjadi 1.130 gr (NMAX sebelumnya 1.250 gr). 

Adanya efisiensi pada bagian rotor assy pun mampu mengurangi beban mesin sehingga berimbas positif kepada torsi yang naik.

4. Camshaft. Bagian Camshaft pada NMAX TURBO uga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika pada generasi NMAX sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (built in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan.

5. Hydraulic Tensioner. Salah satu perubahan pada mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang dipakai oleh NMAX TURBO ada pada bagian tensioner.

Jika pada mesin generasi sebelumnya gate stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) hanya ditekan oleh per dan tuas, kali ini proses penekanan dilakukan dengan mengkombinasikan per dan juga oli, atau disebut dengan istilah Hydraulic Tensioner.

Penggunaan Hydraulic Tensioner, membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus saat beroperasi.

6. Jalur Oli Baru. Salah satu perubahan signifikan pada mesin NMAX TURBO adalah jalur oli baru. Pada mesin NMAX sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body saja, namun kini ditambah ke bagian Hydraulic Tensioner dan juga komponen YECVT Gear.

Dengan adanya jalur oli baru tersebut, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc yang digunakan oleh skutik MAXi Yamaha lainnya. aks

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersama Menyudahi Kompleksitas Stunting, dari Pencegahan hingga Pentingnya Asupan Protein Hewani

Tebar Senyum Kebaikan, 31 Tahun Dompet Dhuafa Mengubah "Mustahik" Jadi 'Muzakki"

Merdeka dari Air Tak Sehat, Viesmann Solusi Pembersih dan Pemurni Air Berstandar Tinggi